Jumat, 16 November 2007

tutorial adobe Adobe After Effects I By cah bodoh cla_x

sebodoh2nya cah bodoh cla_x ini juga bisa berbagi ilmu.tapi bila nanti tutorial itu ada tulisan yang salah mohon mang'ngap yaaaaa.
cah bodoh cla_x mau bagi2 ilmu soal adobe Adobe After Effects I.silahkan Download Tutorial Adobe AF Cah bodoh cla_x
cah bodoh cla_x membuat tutorial itu waktu masih nongkrong di kota pelajar.karena waktu itu banyak order-an suruh jadi guru les yaaaa cah bodoh cla_x iseng2 buat tutorial.

TUTORIAL AFTER EFFECTS
LEVEL 1


JOGJAKARTA
2004
Update 2007

Tujuan mempelajari Adobe After Effects
> Untuk Pengeditan film Tapi lebih bagusnya untuk membuat sebuah iklan perfilman dan pembuatan tune
Langkah-langkah mempelajari Af
Bukalah Jendela pada menu Start_Program_pilih Adobe After Effects akan muncul jendela seperti dibawah ini ( Gbr 01),setelah itu Klik pada menu “Composition” pilih “ New Composition “ lihat pada gambar ( Gbr 02 )
( Gbr 01 )
( Gbr 02 )
setelah itu tulislah nama pada “Composition name” ,itu nanti akan muncul pada nama project anda.
Preset
Yaitu : ukuran yang akan digunakan pada project anda ( kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height”secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misal anda mau membuat project untuk tune televisi atau periklanan televisi maka anda harus mengunakan ( PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), tapi kalau untuk pembelajaran gunakan aja ukuran ( Medium, 320 x 240)
Pixel Aspect Ratio
Gunakan aja “Square Pixels “
Frame Rate
Yaitu : Ini penghitungan Frames per second Artinya misal anda memgunakan 30 Fps jadi anda dalam satu detik itu, anda mengunakan 30 gambar,tapi standar Televise Indonesia mengunakan 25 Fps(itu juga digunakan di jepang untuk pembuatan film kartun ).
Resolution
Yaitu : untuk menentukan hasil gambar yang akan kita buat nantinya, disitu nanti ada pilihan, antara lain : Full,Half,Third,Quarter,dan Custom.ini pun juga mempengaruhi besar kecilnya RAM yang kita pakai kalau kita pakai Ram yang standar misal 128 maka tidak apa-apa anda memilih resolution “Full” tapi dng catatan tidak mengunakan image yang banyak ya….?kan menambah berat kerja anda.
Start TimeCode
Yaitu : ini mulai anda mengakses project anda kalau anda tulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1 ( satu menit).
Duration
Yaitu : maksudnya, ini akhir waktu dari project anda (anda perlu ingat ya dalam suatu periklanan 1 detik aja adalah uang maka anda harus hati2 dalam memperhitungkan bener2 ini, kalau perusahan telivisi meminta anda untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus 15 detik tidak boleh lebih atau kurang), misal anda tulis 0.00.15.00.
Setelah itu anda pahami, anda boleh klik OK
Maka akan muncul jendela sebagai berikut lihat gambar ( Gbr 03 )
( Gbr 03 )
setelah dikomputer anda muncul jendela seperti itu maka langkah selanjutnya anda harus tahu apa nama jendela2 yang anda pada jendela utama.
Mulai dari
Nomer 1 : Jendela Project yang nantinya untuk penempatan gambar-gambar yang anda olah,menjadi tune atau iklan dan file-file yang bisa masuk ke jendela project antara lain :
* file image, antara lain format psd,jpg,bmp,png,gif dan masih banyak yang lainnya,
* file sound, antara lain format wav dan mp3
* file video,antara lain format avi,Quick Time movie,mpg.
Nomer 2 : Jendela Composition yanga nantinya akan menampilkan pengolahan gambar yang secara nyata anda nanti akan bisa mengolah gambar sesuai keinginan anda
Nomer 3 : Jendela TimeLine ini untuk mengatur pergerakan gambar yang akan diolah nantinya akan menjadi sebuah video atau tune.anda.
Nomer 4 : Jendela Time Controls didalam Af 6.0 ini time control gabung sama info,audio,effects tapi kalau di AF 5.5 ini dipisah.
Nomer 5 : Jendela Tool di dalam Af 6.0 ini lebih Complet antara lain :
Selection Tool (V), Rotation tool (w), Orbit Camera Tool (c),Brush tool (ctr+b),clone Stamp tool (ctr+b),Eraser Tool (ctr+b),pen tool (g),hand tool (h),dan banyak yang lainnya.
Setelah anda mengenal jendela-jendela itu langkah selanjutnya anda,bukalah salah satu gambar terserah anda,
Pertama klik file_pilih impor nanti anda akan dapat pilihan file atau multipli file,bedanya yaitu kalau file itu mengambil gambar satu saja tapi kalau multipli mengambil gambar lebih dari satu,pilihllah file saja,
( langkah cepat “klik lah dua kali pada jendela project anda,maka akan muncul kotak file). Setelah anda klik ok, maka langkah selanjutnya anda harus menggeser gambar yang ada pada jendela project ke timeline maka akan terlihat seperti gambar ( Gbr 04 )
( Gbr 04 )
setelah anda bisa menampilkan gambar kedalam project maka anda harus mengolah gambar itu biar beranimasi misal : muncul dari tidak anda menjadi ada,atau dari sisi kanan jalan,atau juga bisa image anda muncul dari suasana malam menjadi suasana pagi.
Maka itu anda harus menklik segitiga yang ada pada jendela “timeline” (lihat Gbr 05 ):
( Gbr 05 )
disitu nanti akan ada pilihan sebagai berikut:
* Anchor point yaitu : untuk mengheser image tapi tidak ada jalan
�� Position yaitu : untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau bisa dari atas ke bawah
* Scala yaitu : untuk mengecilkan atau memperbesar image anda.
* Rotation yaitu : untuk membuat image anda bisa berputar
* Opacity yaitu : untuk membuat image anda muncul dari tidak ada menjadi ada.
dan di dalam timeline itu juga bisa diberi effects, coba anda klik effect terus coba pilih lagi “Transition” terus klik FE image Wipe (lihat Gbr 06)
( Gbr 06)
maka akan muncul kotak effect control ,aturlah sendiri terserah anda.
Setelah anda bisa kuasai itu maka langakah selanjutnya anda harus membuka image( tulisan ) misal tulislah “Selamat datang”
coba anda klik layer_new_solid maka akan muncul jendela “solid footage settings” setelah itu klik effect_text_basic text,hasilnya akan seperti gambar (Gbr 07 )

( Gbr 07)
tulis pada jendela basic text anda “selamat datang di pelatihan Af” klik “ok”.
Maka tulisan itu akan muncul di jendela composition anda, anda bisa olah warna dan besar kecilnya tulisan anda.
Setelah anda membuat tuisan itu muncul di jendela composition anda,anda harus membuat tulisan itu hidup(dengan mengasih effect pada tulisan itu) misal anda mau tulisan itu muncul dari kejahuan dasar laut maka anda harus menyeting : opacity,scala,position,dan size pada jendela timeline.
Setelah project anda itu bisa jalankan dengan bagus anda boleh lanjutkan ketahap berikutnya yaitu menambah beaground biar kelihatan hidup yaitu bisa anda tambah effect hujan,atau pun turun salju Lihat ( Gbr 08 )
( Gbr 08 )
Dan setelah itu anda bisa kasih sound pada project anda misalnya suara instrument di campur suara hujan,anda tinggal “klik dua kali pada jendela project anda dan carilah file dengan format wav atau mp3,setelah itu masukkan saja seperti pertama kali anda membuat mengeser gambar dari jendela project ke jendela timeline.
Dan kalau mau bagus hasil suara maka anda harus mengolah suara itu ke Cool Edit Pro,tapi untuk sementara tidak usah aja anda bisa menghasilkan suara dan gambar bisa “pas” maka project untuk level 1 ini anda sudah sukses
“ untuk melihat hasil suara dalam project anda maka bisa anda klik “Ram Preview” pada jendela “Time Control”
lihat gambar 09

( Gbr 09 )
Cara merender ( hasil project menjadi format Avi* ) hasil project Anda nantinya bisa di lihat pakai “Windows Media Player”
Pertama klik “Composition_Make Movie ( Ctr+m) akan muncul jendela Render Queue setelah itu anda klik Current Setting maka akan muncul jendela Render Setting Lihat Gambar ( Gbr 10 )
( Gbr 10 )
Maka dalam jendela render setting anda ubah Quality dan Resolutionnya, petama pasti tertulis Current Setting di ganti menjadi Quality>Best,Resolution>Full.
Setelah current setting sudah anda ubah maka sekarang,anda ubah Lossless, coba anda klik Losslessnya maka akan muncul jendela Output Module Setting,dalam jendela ini anda kami suruh mengubah Formatnya,Video Output,Audio Output
Lihat gambar ( Gbr 11 )
( Gbr 11 )
setelah jendela ini anda setting klik ok maka langkah selanjutnya anda harus meletakkan hasil renderan ini ke derectory mana misal di derectory D:/
maka anda harus klik pada jendela Render Queue namanya Output To : hasil klik nanti akan semacan ini Lihat Gambar ( Gbr 12 )
( Gbr 12 )
setelah anda seve maka anda klik lah pada jendela Render Queue “ Render”
selamat mencoba semoga sukses dan sampai jumpa di level ke 2
Bila ada kesulitan cah bodoh cla_x siap membantu
Id YM “antonclaten”
antonclaten.blogspot.com
www.antonclaten.com
antonclaten@yahoo.com
antonclaten@gmail.com

7 komentar:

ichaAwe mengatakan...

aku binun nih..bisa dijelasin lebih jelas lagi pliiiss

antoncla_x mengatakan...

"ichaAwe"
soal yg mn kk. klau udah dipelajari gak binggung ko. kirim email aja.siapa tahu cah bodoh nanti bs bantu.

- Nilla - mengatakan...

hai, anton! ;)
wooaaaahhhh... di sini ga bisa buka pdf!
pasti langsung ngehang di kompie! :(
knp ga diketik ulang di sini aja tutorialnya? xD

antoncla_x mengatakan...

terlalu banyak juminten, nanti pada malas baca dong. ya udah nanti tutorial yg ke 2 aku tampilkan di blog langsung.mungkin jumat besuk aku updete yg ke2.

awi mengatakan...

hi thanks ya. aku sebenarnya belum pernah sih pake aplikasi ini, tapi gpp, lumayan tambah ilmu tentang software

mademoizell3 mengatakan...

adobe after effect tuh apa atuh hehehe
nilai bahas inggrisku jeblok, iya iya *makin ga jelas*

antoncla_x mengatakan...

"mode"
adobe AF itu software editing atau desain video.
misalnya buat opening sebuah sinetron.